Senin, 21 April 2014

Perbedaan seni murni dan seni terapan


Secara teoritis seni dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
  • Seni yang murni estetik. seperti halnya lukisan, karena didalam penciptaannya si seniman hanya diikat oleh persyaratan yang ada dalam seni lukis tersebut, dan tidak harus mengingat dimana lukisan itu di pasang, betapa harga nominalnya, atau gaya yang bagaimana yang disukai oleh si pembeli. Si seniman hanya mengekspresikannya di atas kanvas(Totalitas).
  • Seni terapan atau seni yang di pakai. seperti halnya kursi, akan di bentuk berbagai persyaratan yang berhubungan dengan pemakaiannya. kursi itu dipergunakan di ruang  makan atau untuk untuk di pergunakan di kamar tamu bagaimana bentuk agar cocok dengan sikap duduk dan penggunaanya.
Cabang – Cabang Seni Rupa
o  Seni Lukis
o  Seni Keramik
o  Seni Patung
o  Seni reklame
o  Seni Tekstil
o  Seni Ukir
o  Seni Ilustrasi
o  Seni Kaligrafi
o  Seni Fotografi

Pembagian cabang-  cabang Seni secara teoritis yaitu:
1.    Yang termasuk Seni Murni/Terpan adalah:
·         Seni lukis berbentuk dua dimensi dan dibuat di atas permukaan kertas, kanvas, dinding, kaca dan bahan lain yang memungkinkan untuk itu, menggunakan cat, tinta, arang, pensil dan lain-lain
·         Seni Patung merupakan karya seni rupa yang berbentuk tiga dimensi (dapat dinikmati dari beberapa arah pandang) dibuat dengan menggunakan berbagai media seperti, kayu, batu, semen, fiber, lilin, tanah liat atau bahkan es. Teknik membuat patung menyesuaikan dengan bahan yang dipakai, dengan cara membentuk dengan tangan, membutsir, memahat, ataupun dengan teknik cetak
·         Seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar padakayu, batu, atau bahan-bahan lain  juga merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung danbagian-bagian cembung yang menyusun suatu gambar yang indah.
·         Seni kaligrafi merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang menekankan keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika.

2.    Yang termasuk Seni Fungsional adalah:
·         Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.
·         Seni Reklame adalah media periklanan besar, yang biasa ditempatkan pada area yang sering dilalui, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Reklame berasal dari kata re-clamare (bahasa Latin: Re=berulang, clamare=seruan).
·         Seni tekstil dalam bentuk karya seni di antaranya berupa kain batik, sarung tenun, dan aneka sulaman. Karya seni teks til tersebut diaplikasikan pada benda-benda pakai, misalnya pakaian, taplak meja, sarung bantal, dan tas.
·         Seni fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera.
·         Seni Ilustrasi itu adalah suatu penggambaran yg berfungsi sebagai penghias serta membantu menjelaskan suatu teks agar lebih mudah dipahami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar